Select Your Language

29 April 2010

cara pemasangan RJ-45 dengan UTP (unshielded twisted pairs)

langkah kerja :
  • langkah 1 :       
kelupas bagian kulit luar kabel UTP sepanjang kira - kira 2 cm dengan menggunakan pisau dalam kecrimping yang ada satu giginya sehingga nampak bagian dalam kabel yang berjumlah 8 buah.
  • langkah 2 :
urutkan dan rapihkan kabel UTP :
contoh kabel straight :
1.putih orange - 1.putih orange
2.orange - 2.orange
3.putih hijau - 3.putih hijau
4.biru - 4.biru
5.putih biru - 5.putih biru
6.hijau - 6.hijau
7.putih coklat - 7.putih coklat
8.coklat - 8.coklat
  • langkah 3 :
potong rapih ujung kabel secara bersamaan dengan crimping dengan menggunakan pisau yang ada dua gigi nya sehingga ujungnya sejajar dengan rata.
  • langkah 4
masukan ujung kabel UTP ke dalam konektor RJ-45 . pastikan urutan nya benar dan sesuai dengan jalur-jalur yang sudah di sediakan di dalam konektor tersebut. dan juga pastikan ujung masing - masing kabel sudah mentok di bagian dalam konektor RJ-45.
  • langkah 5
masukan konektor RJ-45 yang sudah terpasangi kabel UTP tadi ke salah satu mulut tank crimping yang memiliki bentuk dan ukuran yang cocok dengan konektor RJ-45. tekan bagian pangkal konektor RJ-45 dengan tank crimping. yang gunanya penekanan ini akan mambuat pin -pin yang ada di ujung konektor menancap di masing - masing kabel.
  • langkah 6
lalu uji dengan kabel tester, colokan salah satu ujung ke induk tester (yang besar) ke port Tx. dan colokan ujung lain ke anak tester (yang kecil) ke port Rx. nyalakan kabel tester dengan menggeser saklar ke posisi auto.

No comments:

Post a Comment

Boucing Smiley Star Night Diamond - Working Background