Select Your Language

04 September 2010

protokol jaringan

 protokol adalah aturan yang harus di taati atau di ikuti oleh komputer yang dihubungkan untuk menghasilkan dan mengatur komunikasi melalui jaringan. jadi untuk memungkinkan terjadinya komuniksi antar komputer pada jaringan komputer diperlukan sebuah protokol, yangmengdefinisikan aturan aturan-aturan transfer data sehingga komunikasi bisa bejalan dengan baik.tiga protokol LAN yang dikenal adalah NETBEUI, IPX, dan TCP/IP protokol LAN lainnya meliputi apple talk dan protokol OSI. tiga yang pertama merupakan bagian standart yang didukung oleh beberapa sistem operasi PC yang umum digunakan masing-masing mempunayi keuntungan dan kerugian tergantung dari komponen yang digunkan LAN tersebut.
  1. TCP/IP
protokol TCP/IP merupakan protokol yang paling  populer dan paling banyak digunakan saat ini, alasannya adalah :
  • TCP/IP menggunakan skema pengamatan fleksibel yg dapat sekali di route, bahkan untuk network yang paling besar
  • hampir semua sistem operating dan platform dapat menggunakan TCP/IP 
  • sejumlah besar utilitas dan tool dapat digunakan, sebagiannya digabungkan dengan rangkaian protokol dan sebagian di tambahkan dalam program untuk memonitoring dan mengatur TCP/IP
  • TCP/IP merupakan protokol untuk internet global. sistem harus menjalankan TCP/IP untuk berhubungan dengan internet
  • kebanyakan network tingkat interprise menjalankan TCP/IP, dan yang penting bahwa administrator network akrab dengan protokolnya.
TCP/IP mempunyai 4lapisan (layer) yaitu lapisan akses jaringan (data link), lapisan antara jaringan (network), lapisan host ke host (transport),dan lapisan proses/aplikasi (aplication), lapisan ini bisa dikatakan lapisan yang dipadatkan dari lapis standart protokol OSI, dimana rincian protokol-protokol yang ada pada tiap lapisan nya hampir sama.jadi, inti dari protokol ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu : TCP dan IP.

pebedaan layer TCP/IP dengan layer OSI model , yaitu :

No comments:

Post a Comment

Boucing Smiley Star Night Diamond - Working Background